Anggaran akan habis, kampanye berkinerja buruk, dan CPM terasa menyesatkan. Artikel ini menunjukkan cara menghitung CPM dengan benar, menggunakan kalkulator pintar, dan mengubah tayangan menjadi ROI yang terukur dengan rumus yang jelas
Kebocoran belanja iklan, kampanye berkinerja buruk, dan CPM sering kali menyesatkan. Menguasai CPM dengan alat yang tepat akan mengubah kebingungan menjadi kejelasan, melacak setiap tayangan, dan meningkatkan ROI. Artikel ini menunjukkan cara menghitung CPM secara akurat dan menggunakan kalkulator yang kuat untuk mengoptimalkan kampanye.
Sulit untuk melebih-lebihkan pentingnya model penawaran yang tepat. Bagaimanapun juga, cara Anda membelanjakan anggaran untuk tempat iklan memengaruhi laba bersih Anda. Meskipun kami ingin membahas semua model di sini, tidak ada cukup ruang untuk itu.
Sebagai gantinya, kita akan fokus pada CPM saja, termasuk definisi, aplikasi, dan cara menghitungnya. Selain itu, kami akan menyoroti kalkulator CPM yang dapat Anda gunakan untuk memudahkan perencanaan Anda. Tentu saja, Anda akan menemukan beberapa komentar tambahan dari para ahli yang kami undang tentang cara memaksimalkan CPM.
Mulai bekerja dengan HilltopAds dan
jaga agar kampanye CPM Anda tetap terkendali sepenuhnya.
Apa Itu CPM dan Mengapa Itu Penting dalam Periklanan
Sebelum kita membahas lebih dalam, kita perlu memastikan bahwa kita memiliki pemahaman yang sama mengenai CPM. CPM (Biaya per Mille, juga dikenal sebagai biaya per seribu tayangan) adalah metrik standar yang, seperti namanya, membantu pengiklan menentukan biaya 1.000 tayangan dan mengevaluasi keefektifan anggaran iklan mereka. CPM sangat penting untuk menentukan strategi kampanye iklan Anda, dan model ini memberikan data yang tepat tentang apakah biaya keseluruhan untuk tayangan sepadan.
Pemasaran afiliasi menyukai akronim, dan banyak di antaranya yang bisa membingungkan bagi pemula, terutama jika terlihat mirip. Inilah sebabnya kami membuat daftar kecil istilah yang terlihat mirip dengan CPM, tetapi tidak sama, sehingga Anda tidak akan salah mengartikannya di masa mendatang.
- eCPM (Costper Mille yang efektif) - adalah metrik yang, sama seperti CPM, menunjukkan biaya untuk setiap 1.000 tayangan. Perbedaannya adalah bahwa eCPM dapat digunakan sebagai perantara untuk membandingkan CPM, CPC, CPV, CPA, dan model lainnya jika diperlukan.
- CPC (Klik Hemat) - adalah biaya yang dibayarkan pengiklan untuk setiap klik pada iklan mereka, tidak seperti CPM di mana tayangan tanpa klik juga dihitung.
- CPA (Akuisisi Costper) - adalah biaya untuk mendapatkan prospek atau menyelesaikan tindakan target lainnya, alias konversi. Bisa berupa pendaftaran, pengunduhan, atau pembelian.
Singkatnya, semua istilah di atas menggambarkan biaya yang harus dibayar pengiklan ketika pengguna berinteraksi dengan iklan mereka, apakah itu klik, penjualan, atau tayangan. Namun, masalahnya ada pada detailnya, dan jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang model penetapan harga CPC dan CPA, Anda bisa membacanya di blog.
Dan di sini, kami akan memberikan dua pandangan dari para ahli yang kami undang mengenai masalah CPM: dari sudut pandang pengiklan dan penerbit.
CPM lebih relevan untuk pengiklan, karena metrik ini selalu menunjukkan biaya nyata untuk tayangan dan berapa banyak yang akan dibayar.
eCPM dapat digunakan untuk membandingkan kampanye iklan CPM dan CPC, karena eCPM menunjukkan berapa biaya tayangan jika kampanye tersebut diubah menjadi CPM. Hal ini menunjukkan daya saing kampanye dalam pelelangan dan mencerminkan kinerja kampanye. Misalnya, kampanye CPC dan CPM dapat memiliki eCPM yang sama, tetapi karena harga pembayarannya berbeda, risikonya akan berbeda.
eCPM membantu Anda membawa format klik, di mana model pembayaran terkadang berbasis CPC, ke penyebut tunggal - CPM. Metrik ini memungkinkan perbandingan objektif dari berbagai format iklan dengan berbagai model pembayaran. Hitung eCPM dengan menggunakan persamaan ini: total pendapatan / jumlah tayangan * 1000.
Cara Menghitung CPM
Berikut ini adalah rumus yang praktis untuk menghitung CPM:

Perhitungan untuk Pengiklan
Misalnya, biaya kampanye Anda adalah $500 (yaitu, anggaran yang Anda keluarkan), dan iklan Anda diterima 100.000 tayangan. Yang harus Anda lakukan adalah mengikuti persamaan tersebut: 500 / 100,000 × 1,000 = 5. Dengan menggunakan rumus tersebut, kami menemukan bahwa CPM akan menjadi $5.
Persamaan itu sendiri cukup sederhana. Namun pada kenyataannya, Anda perlu memperhatikan dan melacak banyak hal pada satu waktu, dan menambahkan aritmetika mental dapat secara signifikan menghambat kesuksesan Anda. Ketika melakukan perhitungan sendiri, Anda mungkin secara tidak sengaja kehilangan angka di suatu tempat, yang akan menghasilkan CPM yang sama sekali berbeda. Jadi, ketika waktu untuk membayar tayangan iklan tiba, biaya yang sebenarnya akan jauh lebih besar daripada yang Anda perkirakan.
CPM menang ketika pengiklan perlu memaksimalkan tayangan, melakukan peluncuran besar-besaran, atau dengan cepat menguji hipotesis dengan audiens yang luas. Metrik ini bekerja dengan baik untuk kesadaran merek, peluncuran aplikasi baru, dan ketika merek baru memasuki pasar.
Jalankan kampanye CPM dengan HilltopAds dan lupakan pengeluaran anggaran yang tidak efisien.
Perhitungan untuk Penerbit
Jika situs web Anda menghasilkan $500 dari 100.000 tayangan iklan, menghitung CPM sangatlah mudah. Cukup gunakan rumusnya: 500 / 100.000 × 1.000 = 5. Ini berarti CPM Anda adalah $5, atau dengan kata lain, Anda mendapatkan $5 untuk setiap 1.000 tayangan iklan.
Sederhananya, metrik ini membantu Anda memahami berapa banyak pendapatan yang dihasilkan oleh trafik Anda pada volume tayangan tertentu. Untuk menghindari penghitungan manual dan potensi kesalahan, HilltopAds telah memperkenalkan Kalkulator CPM yang baru. Alat ini memungkinkan Anda untuk menghitung CPM Anda dengan cepat berdasarkan penghasilan aktual dan data tayangan. Hal ini sangat berguna saat membandingkan format iklan, GEO, atau sumber trafik yang berbeda dan menginginkan gambaran yang jelas dan akurat.
Dengan bekerja sama dengan HilltopAds sebagai jaringan iklan CPM tinggi untuk penerbit, Anda mendapatkan keuntungan dari harga yang kompetitif, analitik transparan, dan kemampuan untuk memaksimalkan pendapatan dari setiap tayangan.
CPM efektif dibandingkan dengan model penetapan harga lainnya ketika pengiklan memprioritaskan tayangan, jangkauan, dan branding, karena mereka secara langsung membeli trafik, memberikan jangkauan iklan yang dapat diprediksi dan kontrol frekuensi. Pendekatan ini sangat cocok untuk bagian atas saluran penjualan.
Daftar dengan HilltopAds sebagai penerbit dan dapatkan penghasilan dengan tarif CPM yang tinggi.
Apa yang Mempengaruhi CPM
CPM bukanlah metrik yang tetap, jadi pengiklan harus memperhatikan beberapa faktor jika mereka ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Mari kita lihat 6 faktor yang secara langsung memengaruhi CPM Anda:
GEO
Perkembangan dan daya beli negara dapat secara signifikan mengubah CPM. Misalnya, tayangan iklan dari AS akan lebih mahal daripada tayangan iklan dari India, karena persaingan, kesejahteraan lokal, dan beberapa faktor lainnya.
Vertikal
Beberapa vertikal lebih populer daripada yang lain, misalnya, iGaming atau non-mainstream, sehingga persaingan di sana akan lebih tinggi, begitu juga dengan harganya. Pada saat yang sama, hal ini diimbangi dengan fakta bahwa spot iklan tersebut memiliki lebih sedikit perantara dan lebih sedikit moderasi daripada Google atau Facebook, yang mendorong harga turun. Jadi, setiap vertikal dipengaruhi oleh banyak kekuatan, dan daya tariknya mungkin tidak terlalu intuitif.
Sumber lalu lintas
Ada banyak sekali sumber trafik online. Jaringan iklan mengumpulkan banyak sekali dari mereka, tetapi ada pilihan lain, seperti platform media sosial seperti Facebook, TikTok, atau Instagram. Umumnya, label harga untuk CPM berkorelasi dengan jangkauan audiens potensial. Tetapi Anda tidak selalu ingin menjangkau secara luas, karena tujuan Anda adalah untuk mengonversi, dan di sinilah segmen pemirsa khusus berguna. Dan karena mereka khusus, tayangannya juga lebih terjangkau.
Perangkat
Karena beberapa alasan, seperti kecepatan gulir yang lebih cepat yang secara langsung memengaruhi penayangan iklan, biaya tayangan akan lebih rendah di perangkat seluler daripada di desktop.
Musiman
Hari libur, seperti Natal, dan acara penjualan besar, seperti Black Friday, cenderung meningkatkan harga CPM Anda. Tetapi biasanya hal ini sepadan, mengingat permintaan akan menyusul dan bahkan melampaui kenaikan harga, yang berarti Anda akan mendapatkan keuntungan bersih (namun bukan jaminan!).
Materi iklan
Video menarik lebih banyak perhatian daripada gambar diam, dan lebih banyak perhatian berarti lebih banyak tayangan, yang secara langsung memengaruhi biaya.
Sebutkan faktor-faktor utama yang mempengaruhi tarif CPM dan, jika memungkinkan, jelaskan dinamika masing-masing, misalnya, persaingan mendorong harga lebih tinggi, tetapi musiman dapat berlaku sebaliknya.
Persaingan. Semakin kompetitif lelangnya, semakin tinggi harga CPMwill.
GEO. Setiap negara memiliki tarifnya sendiri.
Musim. CPMdipengaruhi oleh hari libur, peristiwa bersejarah, atau yang serupa.
Penawaran bersifat vertikal. Sementara keuangan dan iGaming memiliki CPM yang tinggi, kencan, misalnya, jauh lebih terjangkau dalam hal tarif.
Tentu saja, faktor utama yang memengaruhi CPM adalah permintaan dari pengiklan untuk lalu lintas semacam ini, karena meskipun kualitasnya tinggi, CPM dapat tetap rendah jika pengiklan membeli inventaris iklan di tempat lain. Anda juga harus mempertimbangkan faktor-faktor berikut: musim, kualitas pemirsa (segmen yang sempit dapat memberikan hasil yang baik), GEO, dan penargetan.
Baca studi kasus terbaru kami tentang memonetisasi trafik X menggunakan Direct Link:
Cara Menganalisis dan Menginterpretasikan Hasil CPM
Analisis CPM sangat penting untuk efisiensi biaya dan peningkatan laba, namun perlu diingat bahwa biaya tayangan iklan akan bervariasi dari satu sumber ke sumber lainnya. Secara tradisional, CPM rendah adalah apa pun di bawah $1, dan tinggi adalah apa pun di atas $5-10; semua yang ada di antaranya adalah sedang, tetapi harap dicatat bahwa batas-batas ini dapat bergeser dari tahun ke tahun.
Ingatlah bahwa tarif CPM (dan CPC) sangat bergantung pada vertikal pilihan Anda, serta format iklan yang Anda sukai. Selain itu, tarif CPM yang tinggi dapat diimbangi dengan konversi dan pembayaran yang tinggi dari program afiliasi Anda.
Kami juga menyarankan untuk melihat rata-rata industri, dan jika yang Anda bayarkan lebih rendah, Anda memiliki CPM yang bagus. Sebagai contoh, saat artikel ini ditulis, rata-rataAds Facebook CPM adalah $16.88, jadi apa pun di bawah biaya tersebut adalah rendah.
Apa yang kami coba sampaikan adalah bahwa CPM yang lebih tinggi tidak selalu buruk, seperti halnya CPM yang lebih rendah tidak selalu baik. Biasanya, biaya yang rendah lebih disukai, tetapi Anda juga perlu melihat kualitas tayangan, tujuan kampanye iklan Anda (misalnya, untuk meningkatkan kesadaran merek), dan kemungkinan konversi.
Namun, jika Anda merasa CPM terlalu tinggi mengingat betapa buruknya performa kampanye iklan Anda, ini bukan tanda untuk mengubah sumber trafik, karena Anda masih bisa mengubah semuanya untuk keuntungan Anda. Mari kita lihat bagaimana tepatnya Anda bisa melakukannya.
Dapatkah Anda mengelompokkan CPM, sehingga para pembaca memahami, apa yang dimaksud dengan level rendah, menengah, dan tinggi pada tahun 2025? Tolong katakan beberapa patah kata, apakah CPM yang tinggi selalu buruk, atau apakah ada kasus di mana peningkatan biaya dapat dibenarkan.
Rendah adalah apa pun di bawah $1 dan biasanya di Tier 3 negara, sedang adalah dari $1 hingga $3.5 (Tier 2), dan tinggi adalah apa pun di atas $3.5 (Tier 1). High CPM memberikan akses ke tayangan pertama dan audiens yang lebih terlibat.
Luncurkan kampanye iklan dengan HilltopAds
dan bekerja dengan harga terbaik di pasar.
Cara Menurunkan CPM Anda
Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi CPM Anda. Demi kenyamanan Anda, kami telah menyusun daftar 5 metode untuk membantu Anda. Anda dapat menggunakan salah satu opsi di bawah ini, atau mengombinasikannya untuk membuat CPM Anda serendah mungkin.
Meningkatkan kualitas materi iklan
Iklan haruslah mudah dipahami. Iklan tidak harus dipoles, tetapi harus mengkomunikasikan dengan jelas kemampuan pemecahan masalah mereka. Fear Of Missing Out (FOMO) adalah pendekatan yang bagus, tetapi ada trik lain yang bisa Anda gunakan untuk memikat pengguna. Misalnya, ada efek penahan, ketika Anda dengan sengaja menampilkan opsi yang kurang optimal terlebih dahulu untuk membuat setiap penawaran berikutnya terlihat seperti penawaran yang murah. Atau, Anda bisa memanfaatkan pembingkaian yang tepat, misalnya, 80% bebas lemak vs. hanya 20% lemak. Dan jangan lupa untuk menggunakan warna yang serasi dengan bantuan lingkaran warna Itten.
Menguji berbagai GEO dan perangkat
Tier 1 pada umumnya bagus, tetapi dunia tidak berputar di sekitarnya. Faktanya, Tier 3 lebih ramah tidak hanya dalam hal tarif CPM, tetapi juga dalam hal pendekatan. Lihat, apa yang biasa digunakan 5-10 tahun yang lalu di Eropa dan Amerika Serikat masih dikonversi dalam T3. Jangan takut untuk mengeluarkan uang untuk pengujian dan pergi ke seluruh dunia. Hal ini akan terbayar dengan data yang bisa Anda gunakan untuk mempersempit pengaturan penargetan secara tepat. Hal yang sama berlaku untuk perangkat, versi OS, usia berlangganan, dan parameter lainnya.
Membatasi frekuensi tayangan
Pembatasan ini penting untuk mengurangi pencuri klik dan pengguna yang berniat jahat. 3 tayangan per 24 jam seharusnya cukup bagi pengguna untuk mengenal produk Anda. Jika mereka tidak mengklik, mereka mungkin tidak akan mengklik bahkan setelah 20 tayangan. Untuk mempelajari lebih lanjut, Anda juga dapat membaca artikel kami tentang tayangan iklan yang sering muncul.
Bermitra dengan jaringan iklan yang memanfaatkan pemblokiran anti-iklan
Pemblokir iklan dapat mengacaukan pengaturan penargetan dan tata letak halaman Anda. Mereka bahkan dapat meninggalkan rasa pahit di mulut pengguna setelah melihat banyak ruang kosong pada halaman. Secara keseluruhan, pertimbangkan untuk bekerja dengan jaringan iklan yang melawan pemblokir iklan, seperti HilltopAds.
Optimalisasi otomatis dan postback
Beberapa jaringan iklan memberi Anda alat pengoptimalan otomatis, seperti CPA Goal, saat Anda memasukkan harga akuisisi yang Anda inginkan. Postback, alias pelacakan S2S, biasanya diperlukan untuk alat canggih seperti itu, jadi siapkanlah. Sebagai bonus tambahan, Anda akan dapat melacak data pengguna secara lebih tepat dengan postback.
Dan jika Anda tidak tahu cara menyiapkan postback, konsultasikan dengan HilltopAds. Kami akan membantu tidak hanya menyiapkannya, tetapi juga memberikan semua panduan yang Anda butuhkan untuk membangun corong yang melibatkan pengguna.
CPM membantu menentukan seberapa kompetitif kampanye iklan Anda dalam pelelangan. CPM yang tinggi menunjukkan persaingan yang tinggi (karena musim, lebih banyak pengiklan, atau meningkatnya permintaan).
Anda bisa meningkatkan materi iklan, arahan, dan pra-arahan untuk meningkatkan konversi, dan kemudian Anda tidak perlu menaikkan tarif. Perbarui materi iklan Anda secara teratur, atau rotasi arahan. Perluas penargetan Anda. Distribusikan kembali anggaran Anda ke jam-jam yang lebih aktif dalam sehari (misalnya, konversi orang dewasa lebih baik di malam hari dan di akhir pekan). Dan terakhir, optimalkan zona Anda dengan membuat daftar hitam.
CPM menunjukkan seberapa besar permintaan yang dimiliki lalu lintas Anda dan bagaimana pengiklan menghargainya. Jika CPM meningkat, itu berarti kualitas trafik atau permintaan juga meningkat - Anda dapat mempertimbangkan untuk berinvestasi lebih banyak dalam SEO dan meningkatkan peringkat Anda saat ini. Atau, jika CPM menurun, ini mungkin mengindikasikan penurunan kualitas atau minat pasar; ada baiknya melakukan penilaian kualitas lalu lintas.
Ada beberapa cara untuk meningkatkan CPM Anda:
Geografi lalu lintas. Fokus pada negara-negara dengan CPM yang tinggi.
Menyaring lalu lintas berkualitas rendah. Hapus bot dan klik acak untuk menghindari penurunan CPM Anda.
Dan yang terakhir, namun tidak kalah pentingnya, memastikan kecepatan pemuatan halaman yang tinggi (misalnya, melalui Google PageSpeed Insights).
Baca juga artikel terbaru kami tentang jaringan iklan seluler terbaik:
Kesimpulan
Seperti yang kami nyatakan beberapa kali dalam artikel ini, CPM bukanlah metrik tetap dan dipengaruhi oleh banyak variabel, seperti sumber trafik, jenis perangkat, dan jumlah tayangan yang diterima iklan Anda.
Ketidakkonsistenan seperti itu dapat membuat beberapa pemula takut, tetapi jika Anda menyelam lebih dalam, CPM tidak serumit kelihatannya dan sebenarnya cukup penting.
CPM membantu Anda menentukan nilai sumber trafik dan apakah tayangan di sini sepadan dengan uang Anda atau tidak. Dan bahkan ketika biaya tayangan Anda lebih tinggi daripada yang Anda inginkan, ada beberapa metode yang dapat membantu Anda mengurangi CPM.
Dan HilltopAds dapat membantu Anda mendapatkan tayangan yang berharga tanpa biaya yang berlebihan. Bergabunglah dengan kami dan mulailah menghasilkan uang bersama tim profesional hari ini. Mumpung Anda masih di sini, bagaimana jika Anda membaca artikel tentang metrik lain yang kita bahas hari ini - CPA.



















